Cara Menghilangkan Canduhan Game

Langsung saja saya jelaskan tanpa basa basi
pengalaman dari saya sendiri : saya dulu seorang kecanduan game,waktu saya hanya untuk game karena hanya game saja lah yang dapat menemani saya di saat saya sedang kesepian,orang tua sudah banyak ngelarang saya untuk berhenti dari game online,tapi tidak berhasil.
jika anda memang bener2 merasa dewasa atau istilahnya susah di atur,kesenangan anda sendiri yang nentuin,memang susah jika di nasehati oleh orang tua,apalagi ampe di larang.
ini ada beberapa dampak negatif dari game online

SECARA SOSIAL :
-Hubungan dengan teman, keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.
-Pergaulan kita hanya di game online, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata.
-Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain.
-Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

SECARA PSIKIS:
-Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. -Kita jadi sulit konsentrasi terhadap studi, pekerjaan, sering bolos atau menghindari pekerjaan.
-Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita.
-Melakukan apa pun demi bisa bermain game, seperti berbohong, mencuri uang, dll.
-Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan komputer membuat kita jadi tertutup, sulit mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.

SECARA fISIK:
-Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak.
-Kesehatan jantung menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main.
-Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga
-Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga

Danpak negatif di atas memang si hanya berpengaruh dampak jangka waktu yang lama,tetapi tidak ada salahnya agar memahami betul dampak negatif dari game online seperti di atas.
Kunci utama untuk menghilangkan kecanduan bermain game terletak pada diri anda sendiri. Diharapkan meskipun tidak menghilangakn, tetap tips daibawah dapat mengurangi kecanduan game. Berikut tipsnya:

1. Sibukkanlah diri anda kedalam aktifitas-aktifitas yang menguntungkan dan positif.
Seperti ilustrasi pada bagian diatas, dengan kita sibuk dalam menjalani aktifitas positif. Kia akan lupa untuk bermain game.

2. Sadarilah bahwa anda telah membuang waktu anda.
Bermain game tentu sangat membuang waktu jika diletakkan diwaktu-waktu produktif anda. Pandai-pandailah mengatur waktu. Kuatkan komitmen anda, “Saya hanya akan bermain game pada malam minggu”. Tidak ada sesuatu yang lebih baik dari meletakkan sesuatu kedalam tempatnya.

3. Dunia berlari, tetapi anda terdiam karena bermain game.
Dengan kecanggihan tekhnologi, dunia berkembang semakin cepat. Jika anda hanya duduk didepan computer, ps, ataupun termangu dihadapan HP, anda akan tertinggal dengan informasi dan tekhnologi terkini. Dan ini dapat mengurangi derajat kesuksesan anda.

4. Bangkitkanlah rasa pengetahuan.
Jika anda tidak bisa melakukan point-point diatas. Nampaknya anda adalah seorang gamers sejati. Baiklah tidak bisa dipungkiri lagi, hal tersebut adalah bakat anda. Menjadi gamers sejati. Catatan penting untuk anda, jangan hanya bermain game saja tetapi harus bisa juga membuat game. Bukankah anda tahu criteria game yang baik dan criteria game yang buruk? Anda dapat membuat game sesempurna mungkin berdasarkan kemampuan anda. Anda dapat mengembangkan kemampuan anda dalam dunia gaming, membuat sebanyak mungkin karena ini adalah hobi anda. Tidak ada yang sulit jika anda benar-benar suka dunia gaming. Banyak sekali software gratis di Internet untuk membuat game. Dan ini termasuk bisnis yang sangat menggiurkan.

5. Janganlah lupa bahwa ada kehidupan yang lebih asyik dari pada main game setelah mati.
Inilah yang terpenting. Anda jangan sampai meninggalkan kewajiban andaberibadah. Hidup anda masih sangat panjang, setelah mati pun anda masih hidup berdasarkan perbuatan didunia. Jika didunia, anda selalu bermain game, tidak pernah berbuat hal kebajikan.

0 comments:

Post a Comment