Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013

Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013

Ini pengalaman pribadi saya waktu mau memainkan PES 2012 . Awalnya sih lancar, tetapi pas mau masuk ke Match langsung windows menutup dengan sendirinya dan memberi pesan bahwa Pro Evolution Soccer Has Stopped Working. Wah berarti sia sia saya install PES 2012.

Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013

Mungkin temen - temen juga banyak yang mengalaminya. Ini dikarenakan Spek PC kita tidak memenuhi apa yang disyaratkan oleh system PES 2012 atau PES 2014. Sebenarnya saya sudah tau bahwa spesifikasi laptop saya tidak memenuhi persyaratan untuk memainkan game PES 2012 dan PES 2013 ini. Namun saya mencoba mencari celah bagaimana caranya dengan VGA minim tetap bisa main game ini tanpa crash atau peringatan Pro Evolution Soccer 2012 Has Stopped Working. Saya coba cari cari di google, banyak sih yang posting masalah ini, sayangnya tidak membuahkan hasil terutama untuk spek PC seperti punya saya. Oh iya untuk spesifikasi PC saya yang gagal untuk bermain PES 2012 dan PES 2013 adalah seperti ini :

OS            :    Windows 7 Ultimate 32 bit
VRAM     :     64 MB
RAM        :     2 GB
GPU         :     Intel (R) HD Graphics
CPU         :     intel core i3
Seperti yang nampak pada gambar ini. Benar - benar spek yang low untuk standar gamming.

Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013

Untuk mengetahui bahwa spek kita sudah memenuhi syarat apa belum, kita bisa klik setting di tab Spesification. Dan hasil untuk PC saya tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013

Kesimpulannya bahwa PC saya tidak mendukung untuk bermain bermain PES 2012 atau PES 2013. Walaupun sudah di setting se minim mungkin dan mode LOW. Tetap jika dipaksa main akan crash juga dengan muncul pesan popup Pro Evolution Soccer 2013 Has Stopped Working. saya mencoba memainkan PES 2011 dan memang bisa main dengan lancar. Tetapi setelah melewati peringatan bahwa GPUdan RAM kita tidak memenuhi syarat. seperti ini,

Cara Mengatasi Has Stopped Working pada PES 2012 dan 2013


BAGAIMANA SOLUSINYA ??
BAGAIMANA JIMATNYA ??
Masalah yang sebenarnya cuma ada di GPU sama VRAM, maka dari itu, kedua makhluk inilah yang akan kita oprek. Baiklah saya akan bocorkan cara saya, cara yang tidak banyak orang tahu. Dan hasilnya, dengan spek PC yang miskin saya bisa memainkan Game PES 2012 dan 2013 100% work tanpa crash, dan tanpa peringatan Abort, Retry , dan Ignore. Ya walaupun dalam setingan low, bisa main saja sudah untung kan.

1. GANTI LAPTOP

Mungkin ini cara yang tidak ingin saya bahas karena memang sudah pasti kalo mau speknya tinggi ya harus membeli laptop lagi dengan spek yang lebih dewa.

2. INSTAL DIRECTX VERSI TERBARU

Ini juga tidak saya bahas gan, karena mungkin banyak yang sudah tahu bagaimana menginstall Directx versi terbaru. Kalau saya bikin pembahasan lagi, sama saja saya melakukan SPAMMING di blog sendiri.

3. GANTI DRIVER VGA INTEL HD GRAPHICS

Nah ini adalah kuncinya dan saya akan membahas masalah ini. Berhubung laptop mempunyai VGA onboard maka kita tidak bisa mengganti Hardwarenya, tetapi kita bisa mengganti dengan Driver VGAnya.

Apa yang harus saya lakukan ?

Yang harus anda lakukan adalah mengganti Driver intel HD windows 7 diganti dengan Driver Intel HD windows XP.

Kenapa harus memakai Driver XP, padahal saya memakai windows 7 ?

Itu karena pada Driver VGA windows 7, system sharingnya hanya memberikan 64 MB saja untuk VRAM, sedangkan pada Driver VGA windows XP memberikan 256 MB untuk VRAM. Setelah saya coba dengan VRAM 256 MB pun bisa memainkan PES 2012 dan PES 2013 dengan lancar tanpa Crash dan tanpa Stop di pertengahan.

Bagaimana Cara Installnya ?

Download terlebih dahulu Driver Intel HD windows XP. Silahkan klik tautan berikut :
Download Driver Intel HD for XP , setelah itu extract di folder mana saja.
Untuk instal harus harus dalam keadaan SAFE MODE, Caranya Restart PC anda, pada saat muncul start up BIOS langsung tahan Tombol F8 tergantung laptopnya, ada juga yang memakai F10 dan DEL.
Cari Driver yang sudah di Download, kemudian Instal. Terakhir Restart Komputer anda.
Sekarang buka Setting pada PES 2012 atau 2013 dan lihat yang dulu VRAM terdeteksi 64 MB sekarang sudah menjadi 256 MB.

4. MEMAKAI GAME ACCELERATOR
Kalau yang ini tidak diwajibkan tetapi kalau mau instal ya silahkan. Karena fungsinya mengatur CPU agar optimal khusus pada saat memainkan Game. Agan bisa mencarinya sendiri misalnya Iobit Game Booster dan Baidu PC Faster.

SELAMAT BEREKSPERIMENT !!

0 comments:

Post a Comment